Jumat, 26 Oktober 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar (Manusia dan Kebudayaan)

     Di dalam perkuliahan hari ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua temanya adalah"manusia dan kebudayaan"dalam perkuliahan hari ini di jelaskan bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam proses pembangunan atau berkelanjutan suatu bangsa.
     
     Kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa di pisahkan dalam kehidupan ini, manusia sebagai mahluk tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun-temurun.    

     Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga dan melestarikan budaya yang ada agar tidak di rebut oleh negara lain. Dan juga kita tidak boleh menjelek-jelekan kebudayaan kita dan sesama manusia kita harus saling tolong menolong dan membantu ketika ada kesulitan.

    Itulah materi tentang manusia dan kebudayaan yang saya dapatkan dari diskusi dan perkuliahan hari ini,berikutnya saya akan meng-share hal positif (+) yang harus di terapkan di kehidupan sehari-hari dan hal negatif(-) yang dapat kita tinggalkan.

       *Hal positif yang harus di terapkan di kehidupan sehari-hari adalah :
A.Memiliki sifat yang efektif,efisien dan inovator
B. Menjunjung nilai kesopanan dan norma-norma yang berlaku  
C.Bersikap rendah hati 
D.Melestarikan budaya yang ada 
E.Bersifat ringan tangan (suka menolong dan membantu )
    

        *Hal negatif yang harus di tinggalkan :
A.Menolak kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi dan tidak sesuai dengan kebudayaan kita
B.Lahirnya jiwa -jiwa malas.
C.Terlalu berorientasi pada hasil bukannya proses 
D.Meremehkan budaya sendiri 
E.Bangga dengan budaya asing   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar