Jumat, 10 Oktober 2014

Psikologi Manajemen (Tugas Pertemuan Pertama) Nama : Vidya Apriliani Kelas : 3pa10 Npm :175125679

Tugas Pertemuan 1
A.    Pengantar

1.      Definisi Manajemen

Manajemen suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengendalian / pengawasan. Yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

2.      Definisi kepemimpinan
Kepemimpinan adalah suatu proses untuk mengarahkan dan memengaruhi orang lain agar mau melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan organisasi. Atau proses memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

B.     Perencanaan Penetapan Manajemen

1.      Definisi Perencanaan
Proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi – fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan. Perencanaan merupakn fungsi pertama dari manajemen, diterapkan pada berbagai bidang termasuk manajemen sumber daya manusia. Tujuan fungsi ini adalah untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan. Fungsi ini berkaitan dengan bidang – bidang manajemen lainnya, seperti manajemen produksi / operasi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. semua bidang manajemen terlebih dahulu melaksanakan kegiatan perencanaan sebelum melaksanakan kegiatan – kegiatan lainnya.

Berkaitan dengan itu, sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat menentukan daya saing suatu perusahaan, oleh karena itu perlu pengelolaan yang serius atas sumber daya ini. Suatu strategi kompetitif atas suatu perusahaan yang diperoleh dari amsukan sumber daya manusia akan menjadi dasar dalam perencanaan sumber daya manusia.

2.      Langkah – langkah Menyusun Perencanaan


1.      Identifikasi Kegiatan Perusahaan
Langkah pertama mempelajari dan memahami semua aspek dalam lingkungan organisasi.

2.      Implikasi Perencanaan Sumber Daya Manusia
Sasaran pada tahap ini adalah mengembangkan pemahaman atas informasi untuk dapat menetapkan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia di masa akan datang.

3.      Pengembangan Tujuan dan Sasaran Sumber Daya Manusia
Setelah dapat diketahui keadaan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia di masa akan datang, pada langkah ini dilakukan interpretasi atas informasi dan menggunakannya untuk menetapkan prioritas, sasaran, dan tujuan.

4.      Perancangan dan Pelaksanaan Kebijakan, dan Program Sumber Daya Manusia
Pada tahap ini akan dibahas cara agar sasaran itu mudah dicapai. Berbagai aktivitas dapat dilakukan agar peramalan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia dapat diketahui. 

5.      Evaluasi
Tahap terakhir, mengadakan evaluasi untuk mengetahui apakah program telah berhasil dilaksanakan atau masih membutuhkan perbaikan – perbaikan.

3.      Manfaat Menyusun Perencanaan Dalam Manajemen
1.      Perusahaan dapat memanfaatkan SDM yang ada dalam perusahaan secara lebih baik.
2.      Melalui perencanaan SDM yang matang, efektivitas kerja juga dapat lebih ditingkatkan apabila SDM yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
3.      Produktivitas dapat lebih ditingkatkan apabila memiliki data tentang pengetahuan, pekerjaan, pelatihan yang telah di ikuti oleh SDM.

4.      Menjelaskan Jenis Perencanaan Dalam Manajemen
Jenis – jenis perencanaan dalam manajemen ada 3 yaitu :
1.      Perencanaan strategis
Yaitu suatu proses dimana eksekutif atau top manajer meramal arah jangka panjang dari suatu entitas dengan menetapkan target spesifik pada kinerja, dengan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal untuk melakukan tindakan perencanaan.
2.      Perencanaan Taktis
Yaitu proses yang berkelanjutan, yang bertujuan dalam waktu dekat, merampingkan pengambilan keputusan dan menentukan tindakan.
3.      Perencanaan Operasional
Yaitu perencanaan yang dilakukan pada karyawan tingkat terendah dalam organisasi.

             C.    Pengorganisasian Struktur Organisasi      

1.      Definisi Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambrakan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

2.      Contoh Struktur Organisasi Dalam Suatu Perusahaan
Contoh sebuah struktur organisasi di perusahaan Perikanan itu seperti : presiden direktur, direktur, wakil direktur, kepala bagian administrasi dan keuangan, kepala sub bagian akunting, kasir, kepala sub bagian personalia, kepala sub bagian kepala rumah tangga dan perlengkapan, kepala seksi produksi, kepala subsi teknik, kepala seksi pemasaran, ka subsie sorfasi, garding dan penimbang, kasub seksi penjualan ikan lokal dan ekspor, kepala subsie handling, mutu dan keberhasilan, dan kepala subsi penjualan BAP dan jasa.

3.      Menjelaskan Pengorganisasian Sebagai Fungsi Manajemen Meliputi :
A.    Struktur formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikat diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
B.     Struktur informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

4.      Manfaat Struktur Fungsional Dan Struktur Divisional
Fungsionalisme struktural adalah sebuah sudut pandang luas dalam sosiologi dan antropologi yang berupaya menafsirkan masyarakat sebagai sebuah struktur dengan bagian-bagian yang saling berhubungan.
A.    Teori fungsionalisme struktural adalah suatu bangunan teori yang paling besar pengaruhnya dalam ilmu sosial diabad sekarang.tokoh-tokoh yang pertama kali mencetuskan fungsional yaitu August Comte, Emile Durkheim, dan Herbert Spencer.
B.     Teori struktural fungsional berkaitan erat dengan sebuah struktur yang tercipta dalam masyarakat. Struktural fungsional yang berarti struktur dan fungsi. Artinya, manusia memiliki peran dan fungsi masing-masing dalam tatanan struktur masyarakat.

5.      Kerugian Struktur Fungsional Dan Struktur Divisional
A.    Kerugian dalam struktur fungsional adalah sebagai berikut :
1.      Menimbulkan kesilitan dalam komunikasi dan konflik antar fungsi.
2.      Menyebabkan kemacetan pelaksanaan tugas yang sifatnya berurutan.
3.      Memberikan respon yang lebih lambat terhadap perubahan.

B.     Kerugian dalam struktur divisional adalah sebagai berikut :
1.      Kebijakan divisi tidak konsisten dengan kebijakan divisi lain maupun dengan kebijakan organisasi.
2.      Adanya duplikasi sumber daya dan peralatan yang tidak perlu.
3.      Kurangnya kendali sumber daya manajemen puncak.

Daftar Pustaka :

Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia penerbit : Erlangga. Ciracas, Jakarta                         Bandung Maret 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar